Laman Materi Belajar desain grafis

Sabtu, 11 Desember 2010

Megapixel

Pada permulaan era kamera digital, segalanya diukur berdasarkan jumlah megapixel. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera 2 megapixel pasti lebih baik daripada kamera 1 megapixel. Bila anda menginginkan kamera dengan kualitas yang terbaik saat itu, pilihlah kamera dengan jumlah megapixel tertinggi.
Metode menentukan kualitas kamera digital seperti diatas telah tertanam dalam benak pengguna, dan celakanya dipertahankan oleh produsen kamera. Celaka ? ya, sebab jumlah megapixel memang sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan kamera pada era tersebut ( ketika baru ada kamera 1, 2 dan 3 megapixel ). Dewasa ini, sebagian besar kamera yang ada di pasaran memiliki resolusi minimal 5 megapixel. Jumlah megapixel memang terus meningkat, namun kontribusinya terhadap kualitas gambar sesungguhnya semakin menurun.
RESOLUSI
Resolusi kamera digital yakni seberapa banyak informasi dan detail yang dapat ditangkap diukur dengan satuan megapixel. Satu megapixel terdiri dari 2^20 atau setara dengan 1.048.576 pixel. Dari mana asal angka ini ? Semua sistem digital didasarkan pada bilangan biner yang hanya mengenal 2 angka yakni 0 dan 1, bukan bilangan berbasis sepuluh seperti yang kita gunakan sehari-hari.
Dalam pencitraan digital, satu pixel ( picture elemen ) adalah unit terkecil dari sebuah gambar. Pixel juga digunakan untuk mengekspresikan resolusi layar digital dan halaman yang dicetak dengan printer digital. Anda bisa membayangkan pixel adalah kelompok titik-titik berwarna yang bergabung untuk membentuk sebuah gambar pada kamera digital, layar monitor atau pada halaman cetak.
Sebuah kamera digital menangkap gambar dengan sensor dan mencatatnya pada media penyimpanan internal (biasanya media card). Gambar tersebut pada dasarnya terdiri dari pixel-pixel digital. Pixel-pixel tersebut tersusun dalam sebuah rangkaian jalur (grid), yang dihitung secara horisontal (sumbu x), dan vertikal ( sumbu y ).
Karena sebuah gambar memiliki lebar yang lebih panjang daripada tinggi, maka jumlah pixel horisontal lebih banyak dari pada pixel vertikal. Sebagai contoh, sebuah gambar beresolusi 3 megapixel terdiri dari 2.048 x 1.536 pixel. Jadi, ada dua cara untuk mempresentasikan resolusi sebuah gambar. Anda bisa menyebut jumlah pixel yang dimiliki pada sumbu x dan y (2.048 x 1.536 pixel), atau jumlah keseluruhan pixel yang ada ( 3 megapixel ).
Semakin tinggi jumlah megapixel yang dimiliki sebuah kamera, semakin banyak jumlah informasi yang mampu direkamnya. Secara teori, fakta ini menunjukan bahwa kamera dengan jumlah megapixel yang lebih tinggi, pastilah menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Masih ada beberapa faktor lain yang menentukan tinggi rendahnya kualitas gambar yang dihasilkan sebuah kamera digital yang selama ini mungkin terabaikan, yakni SENSOR dan LENSA.
Sensor dan Lensa
Sebagaimana yang dinyatakan diatas,anda mungkin berpikir bahwa semakin tinggi jumlah megapixel yang dimiliki sebuah kamera, semakin tinggi pula kualitas gambar yang dihasilkan. Pernyataan tersebut bisa jadi benar, bila saja sensor dan lensa tidak mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan kamera digital.
Seluruh megapixel harus masuk kedalam sensor kamera. Kamera SLR (Single lens Reflex) high-end pada umumnya memiliki sensor yang lebih besar ketimbang yang tertanam didalam kamera pocket digital. Karena produsen tahu persis bahwa kebanyakan pengguna membeli kamera digital berdasarkan jumlah megapixel, mereka terus menerus menaikan angka megapixel agar produk mereka dilirik oleh calon pembeli.
Padahal, bila sensor yang ada didalam kamera terlalu kecil, pixel pun harus mengecil agar dapat masuk kedalam sensor. Pixel yang kecil menurunkan jumlah cahaya yang dapat disimpan didalamnya,dan menghasilkan lebih banyak noise/bintk-bintik warna yang seharusnya tidak ada pada gambar. Alih alih menghasilkan kualitas gambar bagus, megapixel yang tinggi pada sensor yang kecil justru menurunkan kualitas gambar.
Meski megapixel itu penting, kita tidak boleh melupakan elemen lain yang terdapat dalam sebuah kamera digital, yang ikut menentukan kualitas gambar. Ukuran dan kualitas sensor, serta kualitas lensa sangat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. sebuah kamera 8 megapixel dengan ukuran sensor yang lebih besar dan lensa yang bagus akan menghasilkan gambar yang lebih baik, dari pada kamera 8 megapixel dengan sensor kecil dan lensa ala kadarnya.
jadi, jangan pernah menilai kualitas sebuah kamera digital hanya dari jumlah megapixel yang dimilikinya. Perlu juga memperhatikan sensor, lensa, kualitas hardware lainnya, interface dan kontrol yang tertanam di sebuah kamera.

29 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. terimakasih untuk:
    @ Tan chin ing XII IPS 4
    @ Zhandy XII IPS 1

    yang sudah masuk ke blog ini ^_^...pendapat kalian saya hapus untuk objektivitas pendapat teman-teman mu yang lain.

    salam

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. terimakasih untuk :
    @ Steven Indra XII IPS 4

    pendapatmu kami hapus untuk keobjektivitasan pendapat yang lain

    salam ^_^

    BalasHapus
  7. Devita Ayu Z.F (XII IPS 1)

    Artikel ini memberikan banyak informasi kepada masyarakat pada umumnya dan pada individu atau sekelompok yang tergabung dalam komunitas yang berhubungan dengan kamera.
    telah disebutkan bahwa tinggi rendahnya kualitas foto dipengaruhi oleh beberapa faktor. tingginya harga suatu barang tidak menjamin kualitas foto yang dihasilkan. faktor sensor dan lensa ikut mempengaruhi hasil foto. para produsen menaikkan jumlah megapixel, padahal kenyataan yang ada, semakin kecil sensor suatu kamera maka jumlah pixel semakin kecil pula dalam menyimpan cahaya.
    jadi sebagaimana pentingnya megapixel suatu kamera, namun kita sebagai konsumen harus tetap memperhatikan komponen lain pada kamera tersebut.

    terima kasih ^^

    BalasHapus
  8. Donny Indra Pratama (XII IPS 4)

    kebanyakan para konsumen kamera digital hanya mementingkan kualitas megapixel tanpa mengetahui bahwa megapixel yang tinggi belum tentu mendapatkan hasil gambar yang maksimal ini yang disasar para produsen kelas bawah dengan menaikan megapixel tetapi megurangi daya sensor dan lensa.
    jadi sebaiknya konsumen harus teliti dahulu sebelum membeli, kebanyakan kamera jenis ini ada di kamera handphone.

    BalasHapus
  9. Aldi Dwinanto ( 12 IPS 1 ):

    Terima kasih berkat informasi dari artikel tersebut saya dapat mengetahui kamera digital seperti apa yang bagus. Kebanyakan kamera yang kualitas sensor dan lensa yang rendah sangat mempengaruhi kualitas MP foto tersebut. Megapixel (Megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata "mega" yang menunjukkan satuan juta, dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element). Jadi singkatnya megapixel berarti sejuta titik elemen gambar.
    Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi gambarnya. Jumlah megapiksel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas gambar.

    BalasHapus
  10. Adhitya Yohanes Muaya (XII IPS 4)

    saya sangat tertarik dengan yang disampaikan bapak.. saya jadi lebih tau mengenai apa itu megapixel

    dan ternyata tingkat megapixel jg dapat mempengaruhi kualitas gambar yang diambil atau terekam kamera

    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  11. Titi Dwiayu Y (XII ips 1)


    Artikel ini memberikan banyak informasi kepada masyarakat pada umumnya dan pada individu atau sekelompok yang tergabung dalam komunitas yang berhubungan dengan kamera.kebanyakan para konsumen kamera digital hanya mementingkan kualitas megapixel tanpa mengetahui bahwa megapixel yang tinggi belum tentu mendapatkan hasil gambar yang maksimal ini yang disasar para produsen kelas bawah dengan menaikan megapixel tetapi megurangi daya sensor dan lensa.
    jadi sebagaimana pentingnya megapixel suatu kamera, namun kita sebagai konsumen harus tetap memperhatikan komponen lain pada kamera tersebut.

    BalasHapus
  12. SITI MARDIANA (XII IPS 3)

    Artikel ini memberikan banyak informasi kepada masyarakat pada umumnya dan pada individu atau sekelompok yang tergabung dalam komunitas yang berhubungan dengan kamera. kebanyakan para konsumen kamera digital hanya mementingkan kualitas megapixel tanpa mengetahui bahwa megapixel yang tinggi belum tentu mendapatkan hasil gambar yang maksimal ini yang diDasar para produsen kelas bawah dengan menaikan megapixel tetapi megurangi daya sensor dan lensa.

    BalasHapus
  13. JINI LARASATI(XII IPS 1)

    Artikel ini memberikan banyak informasi kepada masyarakat pada umumnya dan pada individu atau sekelompok yang tergabung dalam komunitas yang berhubungan dengan kamera.
    telah disebutkan bahwa tinggi rendahnya kualitas foto dipengaruhi oleh beberapa faktor. tingginya harga suatu barang tidak menjamin kualitas foto yang dihasilkan. faktor sensor dan lensa ikut mempengaruhi hasil foto. kebanyakan para konsumen kamera digital hanya mementingkan kualitas megapixel tanpa mengetahui bahwa megapixel yang tinggi belum tentu mendapatkan hasil gambar yang maksimal ini yang disasar para produsen kelas bawah dengan menaikan megapixel tetapi megurangi daya sensor dan lensa.

    BalasHapus
  14. Pebrina Tri Andini (XII IPS 1)

    Menurut saya, artikel ini memberikan informasi yang sangat berguna baik pada masyarkat umum maupun masyarakat yang tertarik ataupun bergelut pada dunia fotografi. Artikel di atas, mengubah pola pikir masyarakat akan kamera. Bukan berarti kamera dengan jumlah megapixel yang tinggi menghasilkan gambar yang bagus. Kita juga harus memperhatikan komponen lain dari kamera. Dengan artikel ini, masyarakat umum jadi mudah menghasilkan gambar yang kualitasnya setara dengan gambar yang dihasilkan fotografer profesional.

    Terima Kasih...
    XD

    BalasHapus
  15. Elvia rahmadhani(XII IPS 1)

    menurut saya, Artikel ini sangat bagus untuk dibaca karena artikel ini memberikan informasi yang belum saya ketahui tentang komponen lain dari sebuah kamera,dari yg telah disebutkan diatas bahwa jumlah megapixel memang sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan kamera pada era tersebut.

    terima kasih :D

    BalasHapus
  16. Septian Prasetyo (XII IPS 1)

    artikel ini sangat penting bagi masyarakat indonesia yang dominan haus teknologi. semakin tinggi megapixel mampu membuat masyarakat terpengaruh tanpa mengetahui hal yg sebenarnya yang baik untuk dihasilkan. jadi dengan artikel ini, masyarakat jadi mengetahui komponen-komponen penting lainnya.

    BalasHapus
  17. Nina Nurlina (XII IPS 1)

    Artikel ini menurut saya sangat berguna untuk memberikan informasi tentang "Megapixel" lebih banyak dan lebih bagus. artikel ini mampu membuat masyarakat lebih mengetahui tentang perbedaan megapixel 1 dengan megapixel lainnya. Dan dapat mempromosikan kelebihan dari megapixel. Terimakasih atas informasinya..

    BalasHapus
  18. XII IPS 4

    Waw...Nice inpoh pak...
    brati selama ini kita bisa aja di tipu dengan mudah ya ama penjual hape ato kamera @_@a

    Tapi abis baca ini, saya akan pilih kamera yang lebih baik pak. tidak hanya megapix nya tapi juga lensa dan sensor seperti yang bapak anjurkan

    Thx For The info :D

    BalasHapus
  19. Rohana (XII IPS 1)

    Artikel ini dapat memberikan banyak informasi kepada masyarakat umum tentang komponen yang terdapat dalam sebuah kamera.
    ternyata jika kita ingin memilih sebuah kamera yang baik tidak tergantung tingginya harga maupun tingkat megapixelnya. bila sensor yang ada didalam kamera terlalu kecil, pixel pun harus mengecil agar dapat masuk kedalam sensor.
    Jadi pembeli hendaknya mempunyai pengetahuan sedikit tentang kamera.,,,

    BalasHapus
  20. Lia Muyassaroh (XII IPS 1)

    Artikel ini membuat saya lebih mengerti tentang komponen yang terdapat dalam kamera,terutama kamera digital.
    megapixel memang sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan kamera. Tetapi tidak semua produsen kamera memberikan sesuai dengan kemauan konsumen karena kebanyakan produsen lebih keuntungan.
    Oleh karena itu, kita sebagai pembeli harusnya lebih teliti dalam memilih sebuah kamera,,

    Terima Kasih :-)

    BalasHapus
  21. Illyas Janu (XII-IPS 4)

    Artikel ini memberikan saya sebuah informasi... bahwa kualitas dari sebuah gambar (foto) itu tidak hanya dapat ditentukan dari berapa besarnya jumlah megapixel tapi ditentukan berapa besar lensa dan sensor atau komponen yang terdapat didalamnya.

    terima kasih untuk infonya. Mungkin dengan info ini kita dapat memilh kualitas sebuah kamera tidak hanya diliat dari jumlah megapixelnya tetapi dari komponen kamera yang dapat mengimbangi berapa jumlah megapixel sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

    BalasHapus
  22. DWI IRAWAN
    XII IPS 1
    Artikel ini sangat membantu saya untuk mengetahui perkembangan kamera saat ini,semakin tinggi megapixelnya maka kualitas gambar yang di hasilkan akan semakin baik,oleh sebab itu kita harus terus mengamati perkembangan kamera saat ini,saya harap artikel seperti ini akan terus ada karna sangat membantu bagi saya, Terima kasih.

    BalasHapus
  23. Rizal fahmi
    XII IPS 1

    dengan adanya artikel ini saya tahu kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera yang megapixelnya tinggi yang membuat gambar lebih baik dan memuaskan.
    jadi saya lebih mengerti untuk memilih kamera yang lebih baik.
    dan agar tidak salah pilih kamera.

    BalasHapus
  24. Ego Dwicahyo
    XII IPS 1

    dengan adanya artikel ini saya mendapatkan informasi lebih banyak tentang kamera.
    pada awalnya saya tidak begitu terlalu mengerti tentang cara memilih kamera yang baik, tetapi dengan artikel ini saya jadi mengerti.

    BalasHapus
  25. Weli Silalahi
    XII IPS 4

    Saya setuju dengan artikel diatas,belakangan ini marak terjadi penipuan publik,para produsen memberikan iklan yang berlebihan dan malah terkadang tidak sesuai dengan barang yang ditawarkan.jadi sebaiknya kita harus hati-hati dan teliti sebelum membeli barang...
    Dan juga ternyata kualitas kamera digital tiadak tergantung pada besarnya megapixel saja melainkan juga pengarush dari komponen-komponen lain.nice info pak..

    BalasHapus
  26. Mustika
    XII IPS 1

    Artikel ini dapat memberikan banyak informasi kepada masyarakat umum tentang komponen yang terdapat dalam sebuah kamera.
    dengan adanya artikel ini saya mendapatkan informasi lebih banyak tentang Megapixel. Terimakasih informasinya bapak :D

    BalasHapus
  27. ARIS TRIWIBOWO (XII IPS 1)

    $artikel ini sangat membantu bagi sekelompok masyarakat yang berada di bidang fotografy karena sebagian besar orang berpikir bahwa jika suatu alat (kamera, maupun handphone) yang memliki kamera dengan megapixel tinggi juga mempunyai hasil tangkapan gambar yang bagus.padahal kita juga harus memperhatikan hal-hal seperti sensor, lensa, kualitas hardware lainnya, interface dan kontrol yang tertanam di sebuah kamera.TERIMA KASIH

    BalasHapus
  28. ISRSYA FAISAL (XII IPS 1)

    artikel ini sangat membantu.bagi yang ingin membeli suatu alat (kamera,maupun handphone) karena ternyata tingginya megapixel tidak menjamin tangkapan gambar dari kamera tersebut.

    TERIMA KASIH

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang baik