Laman Materi Belajar desain grafis

Minggu, 23 Desember 2012

Jadwal Ujian Nasional 2013

Ujian Nasional 2013, perhelatan akbar di dunia pendidikan Indonesia, tidak terasa sudah menghampiri. Tentunya para siswa perlu ekstra persiapan dengan banyak latihan. Pada umumnya sekolah, untuk siswa tingkat akhir selalu diberikan bimbingan belajar diluar jadwal jam pelajaran sekolah.
***
Rencananya-Pemerintah (Kemdikbud) akan menggunakan 20 paket soal dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2013. Penggunaan 20 paket soal itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Pasalnya, masing-masing siswa akan mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian.
Setelah memastikan 20 paket soal untuk UN tahun depan, belakangan Kemendikbud menggagas UN tanpa pengawas ruang ujian. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, ketatnya penjagaan dan pengawasan pelaksanaan UN selama ini terjadi karena adanya stigma negatif. Padahal menurutnya, stigma yang melekat dapat terlepas jika UN berlangsung dengan semangat kejujuran.

Kemendikbud telah siap dengan variasi soal yang akan diberikan pada UN. Rencananya, mulai bulan depan masyarakat sudah bisa mendapatkan kisi-kisi soal UN 2013. Kisi-kisi ini sekaligus menjadi dasar tim pembuat soal memproduksi bank soal.

Sebagai tambahan, pada pelaksanaan UN 2013 Kemendikbud akan melakukan terobosan apik dengan menyematkan kode-kode tertentu di setiap soal. Kode-kode tersebut merupakan petunjuk di mana soal itu dicetak, sehingga dapat mudah ditelusuri apabila kedapatan ada soal yang bocor.

Berikut Jadwal Ujian Nasional 2013:


Ditambah Kisi-kisi Soal UN 2013:


Sumber:http://www.ujian-nasional.info

1 komentar:

Silahkan berkomentar yang baik